Friday The 13th dalam Mitos Dunia Barat

Friday the 13 th

GETPOST.ID, Jakarta- Hari ini pas sekali Jumat tanggal 13 atau yang dikenal dengan Friday The 13. Mitos di kalangan budaya barat kalau pas jatuh Friday the 13 banyak hal mistis atau takhayul yang diidentikan dengan kesialan. Ini Fakta Menarik kenapa Friday The 13 th ini begitu terkenal di dunia barat

Bagaimana awalnya?

Ada sejumlah teori tentang asal-usul Friday The 13th ini dan hubungannya dengan segala hal sial pada hari itu. Satu teori adalah bahwa takhayul berasal dari Kekristenan awal karena tiga belas adalah jumlah orang yang hadir pada Perjamuan Terakhir (Yesus dan 12 rasulnya), yang berlangsung pada Kamis Putih. Pada Perjamuan Terakhir, Yudas yang mengkhianati Yesus, adalah anggota ke-13 dari rombongan yang tiba. Yesus mati keesokan harinya pada hari Jumat Agung.

Tidak semua budaya takut pada hari Jumat tanggal 13
Tidak semua budaya percaya bahwa hari Jumat tanggal 13 adalah hari sial. Dalam budaya Spanyol dan Yunani, Selasa tanggal 13 dianggap jauh lebih tidak menyenangkan. Dalam budaya Italia, hari Jumat tanggal 17 dianggap lebih sial daripada tanggal 13.


Itu bisa datang dalam tiga
Jumat tanggal 13 akan terjadi setidaknya setahun sekali tetapi dapat terjadi sebanyak tiga kali dalam setahun. Pada tahun 2020 hanya akan terjadi dua kali yaitu pada bulan Maret dan November.

Ketakutan itu nyata
Jutaan orang di dunia, termasuk penulis horor produktif Stephen King, memiliki ketakutan irasional terhadap angka 13, yang dikenal sebagai “triskaidekaphobia.” Orang-orang juga takut pada hari Jumat tanggal 13, yang dikenal sebagai “paraskevidekatriaphobia” atau “friggatriskaidekaphobia”, tergantung pada siapa Anda berbicara.

Pengobatan Takhayul
Dekat Philadelphia adalah Pusat Perawatan Friggatriskaidekaphobia, sebuah organisasi yang menyelenggarakan pesta-pesta yang berpusat pada menghadapi fobia umum seperti berjalan di bawah tangga, menginjak celah, memecahkan cermin, dan membuka payung di dalam ruangan.

Dalam sastra
Salah satu cerita Friday the 13th pertama ditulis oleh Thomas Lewson pada tahun 1907. Cerita berjudul Friday, the Thirteenth, adalah tentang seorang pialang Wall Street yang memilih hari itu untuk melampiaskan kemarahannya dan menghancurkan pasar saham.

Selebritis dan tanggal 13

Sejumlah selebritas yang lahir pada tanggal 13 Jumat antara lain Mary-Kate dan Ashley Olsen, Julia Louis Dreyfus, Steve Buscemi, dan Peter Tork. Tupac Shakur meninggal pada hari Jumat, 13 September 1996, setelah hujan peluru menghantam mobilnya di Las Vegas.

I do
Jika Anda kebetulan berada di Las Vegas dan ingin mengatakan ‘Saya bersedia’, Kapel Pernikahan Viva Las Vegas menawarkan upacara khusus bertema zombie, gothic, vampir, dan Rocky Horror pada hari Jumat tanggal 13.

Jumat tanggal 13 di luar angkasa
Menurut NASA, pada hari Jumat, 13 April 2029, asteroid besar bernama Asteroid 2004 MN4, akan terbang cukup dekat ke Bumi untuk terlihat tanpa teleskop, tetapi tidak akan menabrak.

Di Ontario
Di Port Dover, ON, pengendara sepeda motor dari seluruh Kanada berkumpul setiap hari Jumat tanggal 13 untuk demonstrasi besar-besaran yang menarik ribuan peserta. Tradisi ini sudah ada sejak tahun 1981.
Waralaba Friday the 13th yang sangat sukses mencakup 12 film horor, serial TV, enam film yang diadaptasi menjadi novel, buku komik, dan banyak lagi. Topeng yang dikenakan oleh karakter utama dalam film, Jason Voorhees, adalah salah satu gambar yang paling dikenal dalam budaya pop.

Rayhani

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :