GETPOST.ID, Jakarta- Tingkat kesadaran masyarakat di tengah pandemi Covid-19 untuk melakukan kegiatan olahraga menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan. Berangkat dari hal tersebut, Astec -merk dagang peralatan olahraga- bermaksud memotivasi masyarakat Indonesia untuk berjuang bersama dalam menjaga kebugaran dan meraih tingkat kesehatan fisik yang terbaik tentunya secara individual dan mendapatkan kesehatan optimal.
“Astec hadir memberikan semangat #KitaMenangBersama agar mampu menginspirasi masyarakat Indonesia untuk selalu menjaga kesehatan di tengah pandemi Covid-19 serta kesibukan aktifitas sehari-hari.” ujar Founder Astec, Alan Budikusuma dalam Press Relaunch, Astec Rabu, 30 Juni 2021 via Zoom.“Pada kesempatan ini, kami pun ingin membagikan pedoman hidup yang dijalani selama menjadi atlet hingga saat ini mengembangkan bisnis Astec, yakni setiap kesulitan dapat diatasi dengan tekad yang kuat dan kerja keras yang konsisten.”
Dengan mengangkat tema #KitaMenangBersama, Astec hadir sebagai merek asli Indonesia dengan kualitas internasional berbasis pada semangat kebanggaan dalam membangun merek lokal. Selain itu, dengan ini Astec mengumumkan bahwa pihaknya selalu fokus dalam mengembangkan produk dan juga bisnis, untuk menyediakan produk berkualitas dengan harga terjangkau bagi masyarakat Indonesia.
Astec merupakan usaha rintisan pasangan legenda bulutangkis Indonesia peraih medali emas Olimpiade pada tahun 1992, yaitu Alan Budikusuma dan Susy Susanti. Tidak mau terlena dengan segala kejayaan masa lalunya di ajang profesional sebagai atlet bulutangkis, setelah memutuskan untuk pensiun, keduanya melanjutkan kiprah gemilang mereka di luar lapangan dengan meraih kesuksesan di dunia bisnis.
Alan dan Susy menjalani bisnis yang akrab dengan dunia yang telah membawa namanya terkenal. Melalui merek peralatan olahraga bulutangkis Astec, keduanya membuktikan bahwa masa depan atlet setelah memasuki masa pensiun tetap bisa terjamin, sekaligus mampu berpartisipasi dalam mengembangkan olahraga yang sudah membesarkan namanya.
Penamaan merek Astec merupakan singkatan dari “Alan Susy Technology” yang sempat mengalami pasang surut di dunia usaha produsen alat olahraga, hingga pada pertengahan Mei 2018 Alan dan Susy bekerja sama dengan PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA), untuk mengembangkan produk dan juga bisnis secara pesat. Saat ini produk-produk merek Astec tengah menjajaki pengembangan bisnis ke pasar internasional.
“Keberadaan Astec sebagai merek produk olahraga lokal Indonesia yang berbasis pada semangat kebanggaan dalam membangun merek lokal selalu berusaha melakukan inovasi terbaru dalam menyediakan berbagai lini produk yang berkualitas dengan harga terjangkau,” ucap Susy Susanti, yang juga selaku Founder Astec. “Kami ingin membuktikan bahwa merek dalam negeri pun mampu bersaing dengan merek dari luar yang sudah lebih dulu hadir dan mendominasi pasar produk olahraga di Indonesia, bahkan dunia.”
Bahkan sejak Maret 2021, Astec juga mengeluarkan produk untuk wanita muslimah yang tentunya telah menyesuaikan dengan kondisi yang dibutuhkan muslimah dalam berolahraga. Astec juga banyak melakukan inovasi dengan tidak hanya mengeluarkan varian untuk badminton saja, tapi juga menjangkau kategori yang lebih luas.
Astec juga menerapkan konsep pemasaran dual track dengan melakukan beberapa kemitraan strategis dalam pengembangan usahanya bersama Shopee sebagai mitra market place. Bersama Shopee, produk-produk Astec akan dapat menjangkau pemasaran yang luas dan efektif dari sisi online. Daniel Minardi, Head of Brands Management, Shopee Indonesia mengatakan, “Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan merek produk olahraga lokal yang inovatif seperti Astec dalam menghadirkan produk berkualitas dan terjangkau untuk para pengguna Shopee. Kami yakin produk inovasi pelaku usaha lokal dapat memperlihatkan keunggulan serta potensi buatan asli Indonesia dan mendapatkan tempat dihati masyarakat.”
Alia F