Ini Aturan untuk Pesepeda di Lintasan Sudirman-Thamrin

Beton pembatas yang terpasang untuk jalur sepeda terbentang di jalan sudirman, kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Rabu (24/2/2021). Pembatas jalur sepeda permanen mulai dipasang di Jalan Sudirman, Sebelumnya diberitakan, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan rencana tersebut dilakukan untuk menunjang keamanan dan kenyamanan para pengguna sepeda. BeritaSatuPhoto/Joanito De Saojoao.

GETPOST.ID, Jakarta- Pesepeda road bike mulai bisa melintasi Jalan Sudirman-Thamrin tanpa harus lewat jalur khusus sepeda. Keistimewaan itu diberikan usai Dishub DKI dan Polda Metro Jaya menggelar pertemuan.

Meski begitu mereka masih dibatasi waktu dan hari. Pesepeda road bike hanya bisa melaju di luar jalur sepeda pada Senin-Jumat pukul 05.00-06.30 WIB seperti dilandir Kumparan.

Kebijakan itu mulai diuji coba. Kepolisian pun menyiapkan patroli untuk para road bike nakal yang berada di luar jalur sepeda saat waktu yang ditentukan selesai.

Tim itu dibagi dua. Satu bergerak dari arah Sudirman ke Thamrin. Sedangkan tim satunya lagi dari arah sebaliknya.

“Hari ini mulai pukul 06.30 WIB tadi kami menerjunkan tim untuk melaksanakan penertiban terhadap para pengguna sepeda yang keluar dari jalurnya di atas 06.30 WIB,” kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Rabu 2 Juni 2021.

Pesepeda road bike yang berada di luar jalur sepeda diimbau untuk masuk ke jalur terproteksi. Sejauh ini kepolisian memang belum menerapkan tilang bagi pesepeda yang nakal.

Menurut Sambodo ketentuan tilang baru akan dibicarakan minggu depan. Pembahasannya melibatkan Pengadilan dan Kejaksaan.

“Minggu depan kita akan laksanakan rapatnya. Hari ini kita berkomunikasi secara lisan supaya masing-masing pihak itu nanti menyiapkan konsepnya sehingga nanti ketika rapat mereka sudah siap dengan konsep masing-masing. saya pikir satu kali rapat sudah bisa selesai kok itu SOP-nya. Setelah rapat nanti baru kita sosialisasi baru setelah itu penindakan,” kata Sambodo.

Buka opsi road bike melintas di Sudirman-Thamrin hari Minggu

Belum juga uji coba jadi resmi, kepolisian membuka opsi tambahan waktu bagi pesepeda road bike untuk melintas di luar jalur sepeda Sudirman-Thamrin. Jadi Senin-Jumat ditambah hari Minggu dengan waktu yang terbatas.

“Nanti bagaimana pengguna di weekend ini akan kita tunggu sambil menunggu keputusan gubernur terkait penggunaan jalur sepeda,” kata Sambodo.

Ya hari minggu memang kita siapkan dua lajur untuk pengguna sepeda ya. Tetapi kalau hari biasa itu semua kita masukkan ke dalam. Tetapi dua lajur di hari biasa ini, di hari minggu nanti akan kita atur apakah sampai jam 06.30 atau sampai jam 07.00 WIB,” sambungnya.

Sebenarnya untuk weekend pesepeda road bike diberikan keistimewaan untuk menggunakan JLNT Casablanca pada pukul 05.00-08.00 WIB. Salam waktu tersebut jalan itu akan ditutup, hanya pesepeda road bike yang boleh melintas.

Tidak hanya itu, Polisi dan anggota Dishub DKI Jakarta juga berjaga di setiap jalur masuk dan keluar JLNT Casablanca. Ambulans dari AGD DKI Jakarta juga bersiaga.

RAYHANI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :