Apakah Sehat Ikuti Pola Makan Vegan Saat Hamil?

vegan-dalam-kehamilan

GETPOST.ID, Jakarta- Manfaat menjadi vegan sangat banyak; selain membantu lingkungan dan kelangsungan hidup hewan, veganisme bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan. Pada dasarnya, veganisme menghilangkan penggunaan produk hewani, terutama dari makanannya. Seorang vegan pantang makan produk susu, telur, daging, madu dan lainnya, sebagai cara untuk mencegah ‘kekejaman’ yang ditimpakan pada hewan.

Laporan terbaru menunjukkan bahwa jumlah wanita (yang bukan vegan) yang memilih untuk menjadi vegan (mengikuti pola makan vegan) terus meningkat. Jadi, apakah sehat mengikuti pola makan vegan saat Anda hamil? Jika ya, bagaimana itu lebih sehat daripada pola makan berbasis daging atau vegetarian biasa.

Read More

Manfaat Pola Makan Vegan Selama Kehamilan

Penting untuk memiliki pola makan yang sehat selama kehamilan karena Anda membutuhkan lebih banyak nutrisi dan protein daripada sebelumnya. Para ahli mengatakan bahwa wanita hamil harus mengonsumsi vitamin dan mineral protein, jenis lemak sehat, karbohidrat kompleks, serat dan cairan – yang dapat diberikan oleh pola makan vegan .Satu hal yang tidak dapat diberikan oleh pola makan vegan adalah produk susu, yang mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi. Namun, makanan kaya protein dan kalsium lainnya dalam pola makan vegan dapat membantu mengatasi hal ini.

Pola makan vegan telah lama dikritik karena mereka cenderung secara alami rendah nutrisi seperti vitamin B12, lemak omega-3, zat besi, yodium, kalsium, dan seng (penting selama kehamilan) . Dan kekurangan nutrisi ini dapat menyebabkan komplikasi kehamilan, kesehatan ibu dan bayi yang buruk dan, tentu saja, kekurangan nutrisi .

Namun, para ahli menunjukkan bahwa Anda tidak boleh hanya meremehkan pola makan vegan seperti itu karena wanita vegan mungkin memiliki risiko depresi pasca melahirkan yang lebih rendah, persalinan Cesar, dan kematian ibu atau bayi, dan ini adalah fakta .

Selain itu, para ahli mengatakan bahwa wanita yang mengikuti pola makan vegan umumnya tidak memiliki risiko komplikasi kehamilan yang lebih besar daripada wanita yang tidak. Jadi, pola makan vegan yang seimbang dianggap aman untuk semua periode kehidupan, termasuk kehamilan, dan yang diperlukan hanyalah perencanaan yang matang, dengan bimbingan ahli gizi dan dokter Anda .

Berikut beberapa manfaat pola makan vegan selama kehamilan yang terbukti secara ilmiah:

– Pola makan nabati biasanya kaya serat tetapi rendah gula dan lemak, melindungi dari diabetes gestasional atau kadar gula darah tinggi selama kehamilan
– Pola makan vegan mencegah penambahan berat badan berlebih selama kehamilan.
– Kandungan serat yang tinggi dalam pola makan vegan dapat mencegah preeklamsia (yang disebabkan oleh peningkatan tekanan darah selama kehamilan) .
– Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengikuti pola makan vegan selama kehamilan dapat membantu mencegah kerusakan DNA dan mengurangi risiko bayi Anda terhadap masalah perkembangan tertentu .

BOLDSKY| RAYHANI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *