Masa Pademi, Ini yang Harus Dilakukan Penyintas Kanker Payudara

kanker-payudara

GETPOST.ID, Jakarta– Pfizer mendukung keluarga, pendamping dan organisasi pasien dalam memotivasi survivor kanker payudara agar dapat terus berkarya sebagai bagian dari menjaga kualitas hidup terlepas dari penyakit yang dialami.

Para survivor kanker payudara termasuk kelompok yang rentan dalam situasi pandemi saat ini tetapi bukan berarti harus berhenti berkarya atau berdiam diri.

“Kami selalu mendorong para survivor kanker payudara untuk tetap melakukan aktivitasnya tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan, tetap melakukan hobinya, menularkan semangat positif di lingkungannya maupun kepada sesama penyintas kanker payudara. Membangun ASA harus terus ada dalam jiwa para penyintas kanker payudara sebagai PELITA dalam menjalani situasi seperti sekarang ini,” ujar Linda Agum Gumelar sebagai Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI) dalam acara diskusi media virtual bertajuk Haruskah Survivor Kanker Payudara Berhenti Berkarya? yang diselenggarakan Pfizer Indonesia, Kamis 17 Desember 2020.

Linda Agum Gumelar Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI)

Baca:
Kembali Berkarya, Cara Penyintas Kanker Payudara Mengatasi Masalah Mental

Guna mendorong warrior dan survivor kanker payudara untuk selalu bersikap dan berpikir postif, YKPI membentuk wadah yang bertujuan untuk berbagi informasi yang akurat tentang informasi kesehatan, pengalaman para anggota group selama proses pengobatan, dan juga sebagai wadah memberikan semangat dan motivasi kepada sesama teman-teman penyintas kanker payudara lainnya.

Selama masa pandemi Covid19, YKPI tetap memberikan dukungan terhadap pasien dan survivor kanker payudara agar kualitas hidupnya terjaga antara lain dengan menggerakkan para anggota untuk selalu hidup sehat dengan berolahraga dan mendorong mereka untuk tetap melakukan tahapan pengobatan rutin untuk kontrol ke dokter sesuai dengan jadwal pemeriksaan. Para pasien dan survivor kanker payudara juga dianjurkan untuk tetap melakukan hobi dan kegemaran mereka untuk mengurangi kejenuhan dan stres.

Baca:
– 8 Faktor Penyebab Kanker Payudara
– Mengenal Lebih Jauh Kanker Payudara Metastasis Subtipe HR-Positif, HER-2 Negatif
– CISC Bantu Pasien Kanker Payudara Memilih Terapi Sesuai Stadium
– Bawang Putih dan Bombay Mampu Tekan Sel Kanker Payudara
– Peran Penting Caregiver dalam Proses Pengobatan dan Psikososial bagi Pasien Kanker Payudara Metastis

Agar kualitas hidup survivor kanker payudara dapat terus terjaga, tetap melakukan check-up rutin dan pengobatan ke dokter walaupun dalam masa pandemi Covid19 dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. Tetaplah bersahabat dengan situasi sekarang ini dan tetap semangat dan optimis, pesan Linda Agum Gumelar.

Dr. Dyana Suwandy, Medical Affairs Manager Pfizer Indonesia mengatakan, Pfizer mengambil peran dalam mengurangi beban penyakit kanker payudara metastasis, dan merupakan komitmen Pfizer dengan menghadirkan terapi inovatif khususnya bagi penderita kanker payudara HR positif, HER2 negatif.

Read More
caregiver-kanker-payudara
dr. Dyana Suwandy, Pfizer Indonesia Medical Affairs Manager

Lebih lanjut Dyana menjelaskan bahwa dengan mengurangi beban pasien akan menjaga kualitas hidup survivor kanker payudara. Hal ini dilakukan dengan, antara lain, mengadakan kegiatan bersama organisasi pasien untuk menggaungkan pentingnya survivor kanker payudara kembali berkarya sebagai bagian dari menjaga kualitas hidup.

Dengan survivor kanker payudara berkarya kembali, survivor dapat melanjutkan kehidupan, turut membantu kemampuan ekonomi, termasuk akses terhadap asuransi kesehatan, membantu survivor tetap bersosialisasi, serta menjaga asa, khususnya bagi survivor muda dimana apabila berhenti bekerja akan merupakan perubahan besar dalam hidup mereka. kata Dyana.

Alia Fathiyah

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :