GETPOST.ID, Jakarta- Xendit, perusahaan financial technology (fintech) asal Indonesia, ekspansi layanannya ke Filipina. Harapannya, mendorong peningkatan transaksi digital bisnis di Filipina melalui pembangunan infrastruktur digital, mengukuhkan Xendit sebagai payment gateway terbaik di Asia Tenggara.
Peluncuran Xendit Filipina dilakukan secara virtual pada pekan lalu 4 Desember 2020, dihadiri antara lain Moses Lo, Co-Founder & CEO Xendit; Yang Yang, Managing Director Xendit Filipina; Jonathan Bates selaku Head of Grabpay Filipina; Carlo Almendral selaku CEO of TARA! dan Macy Castillo selaku Regional Director of Oriente.
Beroperasi sejak 2015, Xendit menyediakan sistem pembayaran yang aman dan mudah diintegrasikan. Dengan beragam produk, sistem Xendit dapat menerima pembayaran dari rekening bank, kartu kredit dan debit, e-wallet, gerai ritel, dan cicilan online.
“Meskipun kami melihat peningkatan permintaan untuk transaksi digital, kami memahami bahwa banyak bisnis di Filipina yang belum sepenuhnya tersentuh digitalisasi. Xendit unik karena kami membangun secara mendalam setiap pasar dan budaya lokal, memungkinkan kami untuk bekerja sama dengan bisnis tradisional dan startup untuk berinovasi bersama sepanjang perjalanan transformasi digital mereka. Ini sangat penting sekarang, karena banyak orang Filipina terus bergantung pada transaksi online untuk pembayaran dan pembelian penting,” kata Yang Yang Zhang, Managing Director Xendit Flipipina, dalam siaran persnya, 8 Desember 2020.
Menurutnya, Filipina membuat kemajuan luar biasa dalam hal digitalisasi pembayaran. Karena permintaan untuk layanan online tanpa batas terus tumbuh di Filipina, Xendit siap memberdayakan semua bisnis Filipina dengan pengalaman paling sederhana untuk kebutuhan transaksi digital sehari-hari.
Fitur utama Xendit yang disukai pengguna di Filipina adalah struktur keamanannya kuat, didukung oleh sistem internal yang menilai transaksi kartu kredit untuk risiko penipuan. Dibangun dengan analitik data canggih dan dioptimalkan dengan pembelajaran mesin, sistem deteksi penipuan ini secara pre-emptive memblokir pembayaran yang dianggap berisiko tinggi.
“Rangkaian layanan Xendit dirancang untuk membuat pembayaran menjadi sederhana, aman, dan mudah bagi pelanggan sekaligus memungkinkan bisnis tumbuh secara eksponensial. Sebagai platform yang berakar kuat di Asia Tenggara, kami terus mendengarkan untuk lebih mengenali kebutuhan dan keinginan spesifik dari setiap bisnis di pasar,” tambah Moses Lo, CEO & Founder Xendit Group.
Solusi Inovatif dan Nyaman
Xendit berupaya pembayaran di Filipina lebih terjangkau dan dapat diakses, bahkan bagi mereka yang tidak memiliki akses tetap ke internet. Dengan beroperasi dalam skala besar, seperti yang dilakukan dengan baik di Indonesia dan pasar Asia Tenggara lainnya, Xendit mampu memberikan harga paling kompetitif dan solusi inovatif untuk basis pelanggannya.
Jonathan Bates, Kepala GrabPay Filipina, mengatakan dompet GrabPay menggunakan Direct Debit Xendit, yang mana pelanggan dapat menautkan rekening bank mereka hanya sekali untuk mengisi saldo GrabPay mereka dengan lancar. Portofolio produk Xendit memungkinkan bisnis dengan cepat menerima metode pembayaran utama dengan waktu aktivasi yang cepat.“Ada tren yang berkembang menuju pembayaran digital dan mereka yang telah menerimanya mengatakan bahwa mereka menikmati kenyamanan, waktu transaksi yang cepat, dan biaya pemrosesan yang rendah. Bekerja sama dengan Xendit untuk meningkatkan aksesibilitas pembayaran digital bagi pengguna kami, kami dapat berkontribusi pada inklusi keuangan yang menjangkau jauh, inovasi, dan biaya yang kompetitif, ”kata Jonathan Bates.
Sementara Carlo Almendral, CEO TARA!, aplikasi pelacakan kontak yang baru diluncurkan yang memanfaatkan Xenpayments untuk mengaktifkan akreditasi Departemen Pariwisata (DoT) pedagang menerima pembayaran tanpa kontak melalui debit langsung, kartu kredit, dompet elektronik, dan gerai ritel.
“Masa-masa yang tidak pasti ini mendorong bisnis di semua sektor untuk mempertimbangkan adopsi solusi pembayaran digital seperti transaksi nirsentuh. Banyak yang menyadari pembayaran tanpa uang tunai tidak hanya lebih aman dari segi kesehatan, tapi lebih nyaman bagi pemilik bisnis dan pelanggan, terutama mereka yang tidak memiliki rekening bank. Alat manajemen penipuan Xendit memastikan bahwa bisnis yang paling tradisional sekalipun merasa nyaman menerima pembayaran secara online untuk pertama kalinya,” tambah Carlo Almendral.
RAYHANI A