Jakarta Raih 2 Penghargaan dari Bhumandala Award

jakarta-dapat-penghargaan

GETPOST.ID, Jakarta- Sejak Anies Baswedan menjadi orang nomor satu di Jakarta, banyak prestasi yang diraih oleh ibu kota, baik di tingkat nasional maupun internasional. Prestasi-prestasi yang dicetak DKI Jakarta tersebut diunggah oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di media sosialnya seperti Instagram dan Twitter.

Setelah beberapa hari yang lalu menyabet dua penghargaan sekaligus dalam Anugerah Humas Indonesia (AHI) 2020, kini DKI Jakarta kembali meraih prestasi dalam penghargaan yang berbeda. Kali ini DKI Jakarta memenangi medali emas dalam Bhumandala Award yang digelar oleh Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia (BIG).

Kabar membanggakan tersebut disampaikan oleh Anies Baswedan dalam akun Instagram pribadinya @aniesbaswedan.

“ALHAMDULILLAH… Medali EMAS untuk DKI!!,” kata Anies Baswedan pada Sabtu, 28 November 2020.

Dia mengatakan bahwa penghargaan tersebut didapatkan dari salah satu inovasi DKI Jakarta yaitu Jakarta Satu.

Program Jakarta Satu yang diluncurkan pada 17 Januari 2018 tersebut merupakan penegasan sikap bahwa tiap bagian di DKI Jakarta tidak boleh berjalan sendiri-sendiri. Anies Baswedan menjelaskan bahwa hal itu kemudian harus terintegrasi prinsipnya, lalu diterjemahkan dalam narasi dan program: satu peta, satu data, satu kebijakan. Mengintegrasikan sehingga semua pengambilan keputusan mendasarkan data.

“Alhamdulillah, tadi malam inovasi Pemprov DKI Jakarta tersebut (Jakarta Satu) kembali meraih penghargaan pada Bhumandala Award — Penghargaan simpul Jaringan Informasi Geospasial dari Badan Informasi Geospasial Republik Indonesia — BIG,” tulis Anies Baswedan dalam unggahan yang sama.

Dia juga mengatakan bahwa penghargaan yang berhasil diraih oleh Provinsi DKI Jakarta pada Bhumandala Award tersebut adalah medali emas (KANAKA) dan Geoportal Terbaik (Bhumandala KENCANA) untuk kategori provinsi.

Menurutnya, dengan program Jakarta Satu, Provinsi DKI Jakarta dinilai telah berhasil membangun simpul jaringan informasi Geospasial dengan baik, aktif, dan operasional.

Dengan adanya program tersebut juga, data-data dari seluruh OPD akan terintegrasi serta bisa diakses secara langsung oleh Pemprov DKI Jakarta dalam peta dasar tunggal.

Anies Baswedan mengakui bahwa meski penghargaan tersebut diterima oleh Gubernur, tetapi menurutnya penghargaan itu merupakan hasil dari kerja kolektif. “Penghargaan ini memang yang menerima Gubernur, tetapi ini adalah hasil kerja kolektif. Teman-teman yang bekerja, ratusan orang yang berada di belakang layar mengimplementasikan visi JAKARTA SATU,” katanya.

Anies Baswedan mendedikasikan penghargaan itu untuk orang-orang yang terlibat mewujudkan program Jakarta Satu. “Mereka tidak memegang langsung penghargaan ini, tetapi merekalah yang senyatanya bekerja mewujudkan apa yang kita sebut sebagai integrasi. Mereka yang bekerja dengan data biasanya bekerja dalam sunyi, tidak terlihat tapi dampaknya terasa,” ujar Anies Baswedan menambahkan. Tak hanya itu, Gubernur DKI Jakarta tersebut mengungkapkan bahwa informasi geospasial itu juga dimanfaatkan dalam mengatasi pandemi Covid-19 di Jakarta, yang bisa diakses melalui corona.jakarta.go.id.

Mantan Menteri Pendidikan itu mengucapkan rasa terima kasih dan harapannya atas program ini ke depannya. “Terima kasih atas dukungan, bimbingan dari Badan Informasi Geospasial selama ini. Kami berharap ke depan, insyaAllah bisa mengembangkan ini lebih jauh lagi,” kata Anies Baswedan.

RAYHANI A

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :