7 Manfaat Teh Basi

teh-basi

GETPOST.ID, Jakarta- Biasanya sehabis minum teh, kantung teh atau ampasnya langsung dibuang. Jangan dibuang dulu kak, ampas teh itu ternyata banyak manfaatnya terutama untuk perawatan wajah. Nggak usah keluarkan duit banyak untuk perawatan, manfaatkan teh basi semaksimal mungkin.

Teh banyak mengandung antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi dan antipenuaan, teh terbukti ampuh untuk membantu menjaga kulit sehat dan bercahaya. Tidak hanya dengan diminum, kamu juga bisa mendapatkan manfaatnya dengan menerapkan kantong teh celup atau ampas teh pada wajah.

Berbagai kandungan seperti vitamin dan antioksidan yang ada pada teh sangat penting untuk perawatan kulit wajah. Daripada terbuang sia-sia, tidak ada salahnya menerapkan perawatan wajah satu ini.

  1. Menghilangkan Kantong Mata
    Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah yang pertama adalah dapat menghilangkan kantong mata, terutama jika kamu menggunakan kantong the hijau. Ketika diseduh, kantung teh akan melepaskan vitamin dan antioksidan yang bisa membantu mencerahkan warna alami kulit wajah.

    Kantong teh yang sudah diseduh sangat bisa menghilangkan kantong mata menghitam. Teh mengandung kafein yang mengecilkan pembuluh darah dan mengobati lingkaran hitam di sekitar mata. Tanin dalam teh juga membantu dalam merawatnya.

    Caranya, masukkan kantong teh hijau bekas ke dalam kulkas saat selesai digunakan, lalu biarkan semalaman. Lalu aplikasikan kantung teh ini di atas mata tertutup selama 10-15 menit untuk relaksasi, meredakan stres dan otot mata yang lelah, dan menghilangkan kantung mata.
  2. Menyembuhkan Jerawat
    Selain itu, manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah juga dapat menyembuhkan jerawat. Daun teh yang sudah diseduh dalam bentuk halus bisa dijadikan masker wajah dan membantu menyembuhkan jerawat.

    Teh bersifat mengurangi inflamasi dan anti bakteri sehingga sangat ampuh meredakan pembengkakan atau jerawat meradang. Dengan menerapkan masker teh, akan lebih cepat membersihkan wajah dari jerawat beserta bekasnya.
  3. Mencerahkan Kulit
    Antioksidan dalam daun teh juga dapat membantu meningkatkan cahaya kulit. Kamu bisa menggunakan kantong teh dan daun teh bekas sebagai scrub untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan mendapatkan kulit yang sehat.

    Caranya mudah saja, setelah menggunakan kantong teh, biarkan kantong teh mengering. Potong kantong teh, ambil tehnya dan gosokkan di wajahmu dengan lembut dalam gerakan melingkar dengan ujung jarimu selama lima menit. Kemudian bilas dengan air.
  4. Mencegah Penuaan Dini
    Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah berikutnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Hal ini maish berkaitan dengan kandungan antioksidan. Antioksidan dalam teh bukan hanya bisa mencerahkan kulit tapi juga melawan radikal bebas yang memicu penuaan dini. Rajin menjadikan teh sebagai masker wajah bisa mengurangi munculnya garis atau kerutan wajah.
  5. Menenangkan Kulit
    Teh chamomile adalah solusi terbaik jika kamu mengalami iritasi kulit atau peradangan. Manfaat kantong the celup bekas untuk wajah ini membantu dalam menenangkan kulit gatal, kemerahan dan bercak bersisik pada kulit yang menyebabkan iritasi.

    Caranya, rendam kantong teh chamomile dan oleskan pada area yang terkena dampak setiap hari sampai kamu melihat perubahannya. Kamu juga bisa menggunakan daun teh chamomile sebagai ganti kantong teh.
  6. Menghilangkan Noda atau Bekas Luka
    Daun teh mengandung asam tanat yang membantu merawat noda dan kulit terbakar yang menyejukkan. Kamu hanya perlu menyeduh teh dan menyaringnya. Biarkan teh menjadi dingin, kemudian celupkan handuk atau kapas ke dalam teh dan oleskan pada daerah yang terkena.

    Biarkan selama 30 menit dan kemudian basuh wajahmu dengan air dingin. Kamu juga bisa langsung mengoleskan kantong teh di wajahmu. Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah ini tentunya bisa kamu terapkan di rumah.
  7. Bibir Pecah-Pecah
    Manfaat kantong teh celup bekas untuk wajah juga baik untuk bibir pecah-pecah. Bibir yang pecah-pecah perlu hidrasi secara teratur. Teh hijau paling cocok sebagai pelembab alami.

    Kamu hanya perlu mencelupkan kantong teh hijau ke dalam air hangat dan oleskan pada bibirmu. Simpan di bibirmu selama 5-10 menit, ulangi ini secara teratur setidaknya dua kali sehari untuk merawat bibir yang pecah-pecah.

    RAYHANI A

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :