7 Fakta tentang Wawancara Kerja, Kenapa Banyak Calon Karyawan Ditolak

melamar-kerja-agar-diterima

GETPOST.ID, Jakarta- Lulus kuliah ada satu hal yang ditunggu adalah bekerja. Yup, bagi yang sudah mendapatkan gelar sarjana apalagi dari universitas ternama dan bonafid tentu sudah membayangkan bakal diterima kerja di perusahaan internasionl dengan gaji besar. Jangan halu dulu ferguso.

Melamar kerja tak semudah yang dibayangkan. Banyak hal yang menurut kamu kecil tapi berefek besar sehingga sulit mendapatkan pekerjaan meski kamu lulusan Universitas Negeri dengan nilai cumlaude.

Salah satunya media sosial. Meski surat lamaran kamu bagus, CV nya juga mengagumkan dan pihak HRD sudah sangat tertarik untuk memperkerjakanmu, namamu langsung dicoret ketika mereka melihat media sosial kamu.

Perusahaan akan melihat caption yang ada di dalam media sosialmu. Apakah isinya menyebarkan hal yang bermanfaat atau justru menjadi provakator? Apalagi jika melihat foto-fotomu di media sosial yang tidak sesuai dengan lamaran yang dikirimkan.

Dan ini ada 7 Fakta tentang wawancara kerja yang perlu kamu ketahui dari Webinar Dewatalks bersama Emmanuella Reika dari Nusatalent akhir pekan lalu:

  1. Sebanyak 70 persen penampilan calon karyawan terlalu trendi dan tidak sesuai dengan profil perusahaan.
  2. Sebanyak 47 persen calon karyawan tidak melakukan penggalian informasi tentang perusahaan yang dituju.
  3. Sebanyak 67 persen calon karyawan tidak melakukan kontak mata. Padahal dari kontak mata HRD bisa melihat bagaimana kamu dalam bersikap.
  4. Sebanyak 55 persen ketika cara calon karyawan masuk ke dalam ruangan, ternyata juga dijadikan penilaian.
  5. Sebanyak 38 persen kualitas artikulasi suara dan kurang senyum juga dinilai lho.
  6. Sebanyak 26 persen cara salaman yang tidak meyakinkan bisa menambah nilai minus
  7. Sebanyak 21 persen calon karyawan bisa ditolak hanya karena menyilangkan tangan di dada yang terkesan menutup diri atau sombong.

    NAYLA A

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :