Cara Menyimpan Sayuran di Lemari Pendingin

sayuran

Sayuran merupakan sebutan umum bagi bahan pangan asal tumbuhan yang biasanya mengandung kadar air tinggi dan dikonsumsi dalam keadaan segar atau setelah diolah secara minimal.

Sebelum membeli pastikan mendapatkan sayuran segar dengan mengamati secara seksama. Sayuran segar ditandai dengan warna yang terang dan tidak kusam. Misalnya bayam atau brokoli ditandai dengan warna hijau terang. Sedangkan wortel atau lobak ditandai dengan warna terang jelas dan ketika dipegang akan keras, kencang dan padat.

Sebelum mengisi lemari pendingin dengan sayuran perhatikan beberapa tips berikut.

  1. Biarkan akar tetap menempel pada sayuran karena bisa lebih awet. Seperti kangkung dan bayam.
  2. Sayuran berkuntum sebaiknya tidak dipisahkan. Pakai satu bonggol brokoli atau kembang kol untuk sekali masak. Kalaupun tersisa, usahakan tidak disimpan terlalu lama. Jika warna berubah dipastikan sudah layu dan rasanya berubah.
  3. Sayuran yang berasal dari umbi seperti wortel, atau lobak lebih tahan lama disimpan dalam keadaan lengkap dengan akar bahkan daunnya.
  4. Menyimpan cabai yang tahan lama bisa diletakkan di dalam wadah kedap udara. Sebelumnya dasar wadah ditaruh tisu dan bawah putih di tiap ujung. Cabai yang sudah busuk atau lembek lebih baik dipisah. Cabai bisa bertahan hingga sebulan.

    NAYLA

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *