Spread The Love, Biografi Retno Trenggano Pendiri Produk Kosmetik Ristra

GETPOST.ID, Jakarta- Dr. Retno Tranggono, FISCD, FINS-DV, Cosmeto-dermatologist, pendiri produk cosmetic dermatologi Indonesia “RISTRA”, meluncurkan buku berjudul “Spread the Love: Kilau Mutiara di Ujung Senja”. Buku biografi yang menceritakan tentang liku-liku dan nilai-nilai kehidupan Retno di masa mudanya, sebagai pengusaha, sekaligus dosen dan pendiri bagian bedah kulit dan kosmetologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, serta perjalanan hidupnya yang penuh tantangan, suka duka berikut tujuh kejadian ajaib dan mujizat yang dialaminya, hingga sembuh total dari penyakit kanker.

“Melalui buku Spread the Love ini, saya ingin berbagi dengan para pembaca tentang pengalaman hidup saya dari kacamata pribadi. Bgaimana pentingnya untuk terus berupaya dan pantang menyerah, serta rasa syukur atas segala nikmat dan tuntunan dari Tuhan yang selalu datang tepat pada saatnya. Sehingga mendorong saya untuk terus berkontribusi terhadap komunitas dan masyarakat di usia saya yang sudah 80 tahun saat ini,” kata Retno dalam peluncuran Spread The Love: Kilau Mutiara di Ujung Senda, Kamis 12 Maret 2020.

Lebih lanjut Retno menyampaikan, “Kesembuhan saya dari penyakit kanker dan kebaikan Tuhan membuat saya menjadi pribadi yang lebih mendengarkan suara hati untuk hidup dalam kedamaian batin. Untuk itu, saya berupaya untuk selalu menyertakan kasih Tuhan dalam setiap langkah yang dijalankan, dengan berbagi kasih terhadap sesama dan alam semesta”.

Menurutnya, di usia yang kini tidak muda lagi Retno ingin berbagi tips kehidupan dan ilmu yang dimilikinya di bidang cosmeto dermatologi. Dalam diskusi peluncuran buku “Share the Love”, Retno menyampaikan keberhasilannya mengubah paradigma kecantikan dan meyakinkan orang bahwa kulit orang Indonesia berbeda dengan kulit Eropa. Pendekatan yang ia bawa terhadap ilmu dermatologi bukan pada “kulit dan kelamin” tetapi pada “kulit dan kosmetik”.

Diantara sederetan terbosan dalam bidang cosmeto dermatologi yang diprakarsainya, Retno lah yang menyampaikan hasil penelitiannya tentang pH (keasaman) kulit orang Indonesia pada kongres ketiga Cosmetic Dermatologi di Vienna pada tahun 1987, bahwa kosmetik harus memiliki pH yang seimbang dengan pH kulit orang Indonesia. Atas beragam terobosan yang telah dibuahkan, Dr. Retno menerima berbagai penghargaan, termasuk dua “Lifetime Achievement Awards” dari BRI pada Desember 2007 dan dari Cosmobeauté Indonesia pada Oktober 2019.

Retno yang usianya kini 80 tahun itu berbagi sejumlah frase penyemangat hidup yang menjadi inspirasinya. “Berpikirlah layaknya seorang ratu. Ratu tidaklah takut untuk gagal. Kegagalan adalah batu loncatan untuk sesuatu yang lebih besar,” katanya. “Kunci dari kesembuhan adalah hati yang gembira, selalu berpikir positif dan tidak pernah berpikir negatif,” kata Retno.

Buku “Spread the Love: Kilau Mutiara di Ujung Senja” setebal 292 halaman ini terdiri atas 4 Bab yang mencakup kisah tentang kehidupan pribadi Retno sejak lahir hingga dewasa dengan menorehkan mahakarya untuk bangsa.

Buku ini juga memuat sejumlah testimoni dari orang-orang di sekelilingnya serta tanya jawab seputar tips memilih dan menggunakan produk kecantikan. Retno juga berbagi tips kepada masyarakat luas untuk mengarungi kehidupan ini.

RAYHANI

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :