Tema Sentral Pemilihan Puteri Indonesia 2020, Kenalkan Potensi NTT

Puteri Indonesia 2020

GETPOST.ID, Jakarta- Yayasan Puteri Indonesia didukung penuh oleh Mustika Ratu kembali menggelar ajang tahunan Pemilihan Puteri Indonesia ke 24 tahun 2020 dengan mengusung tema kekayaan budaya dan keindahan alam Nusa Tenggara Timur (NTT).

Melalui ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2020, Yayasan Puteri Indonesia siap mendukung untuk memajukan pariwisata Indonesia khususnya Provinsi Nusa Tenggara Timur, khususnya Labuan Bajo sebagai salah satu pesona wisata Indonesia bagi wisatawan mancanegara maupun lokal yang masuk dalam 5 Destiniasi Pariwisata Super Prioritas.

Sebanyak 39 finalis yang berprofesi sebagai mahasiswi, dokter, model, pilot, karyawati, pengusaha dari 34 provinsi siap berkompetisi untuk memperebutkan 3 (tiga) mahkota Borobudur persembahan dari Hartono Wira Tanik (HWT).

Penasehat Utama Yayasan Puteri Indonesia, Putri Kus Wisnu Wardani mengatakan bahwa, “Melalui ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2020 ini diharapkan mampu menumbuhkan kecintaan di kalangan remaja puteri Indonesia terhadap potensi kekayaan budaya dan keindahan alam tanah air, khususnya di bidang pariwisata untuk memperkuat kebhinekaan bangsa bagi generasi muda. Kami ingin mendorong para remaja puteri Indonesia untuk mengembangkan potensi mereka melalui kreativitas dan potensi yang beragam” tutur Putri saat konferensi pers di Jakarta, 26 Februari 2020.

Presiden Direktur PT Mustika Ratu Tbk, Bingar Egidius Situmorang menjelaskan bahwa Mustika Ratu sangat bangga dan peduli terhadap prestasi perempuan Indonesia untuk mengharumkan nama bangsa di kontes kecantikan Internasional. “Kami sebagai perusahaan kosmetik yang berbasis budaya lokal sangat bangga 39 Finalis Puteri Indonesia 2020 yang berasal dari 34 provinsi di seluruh Indonesia ini dapat mempromosikan pariwisata, budaya dan produk-produk asli Indonesia kepada seluruh masyarakat Indonesia hingga dunia” jelas Egi.

Tahun ini, Provinsi Nusa Tenggara Timur menjadi tema sentral dari Pemilihan Puteri Indonesia 2020 yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia serta Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur. Puteri Indonesia siap mempromosikan Labuan Bajo sebagai salah satu destinasi pariwisata super prioritas kepada seluruh masyarakat Indonesia bahkan dunia.

Melalui kerja sama ini, Top 3 Puteri Indonesia 2019 telah melakukan pembuatan video opening untuk malam grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2020 di Labuan Bajo. Pada 23-24 Februari 2020, 39 Finalis Puteri Indonesia 2020 juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti Familiarization Trip atau famtrip agar lebih mengenal potensi pariwisata di Labuan Bajo. Tahun ini, Top 3 Puteri Indonesia 2020 juga akan menggunakan national costume bertemakan Nusa Tenggara Timur di ajang bergengsi internasional yaitu Miss Universe 2020, Miss International 2020 dan Miss Supranational 2020.

Pada saat karantina, 39 finalis Puteri Indonesia 2020 akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan diantaranya beauty class dan product knowledge bersama Mustika Ratu, koreografi, pembekalan dari Dr. Cri Puspa Dewi Motik Pramono, MSc, pembekalan etika berbusana dan table manner, pembekalan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pembekalan dari Kementerian Pemuda dan Olagraga, pembekalan dari Menteri Pariwisata, pemaparan advokasi para finalis dan kegiatan sosial dengan mengunjungi Yayasan Vina Smart Era, yayasan yang bergerak dalam bidang HIV. Berdiri resmi pada tahun 2015, oleh Vina Tarigan, yayasan ini terfokus pada anak-anak yang terinfeksi HIV sejak lahir.

Para finalis pun akan menjalani sesi psikotes oleh psikolog Poppy Amalya bahwa parameter penilaian dalam Pemilihan Puteri Indonesia yang dicita-citakan yakni sosok Puteri Indonesia yang memenuhi kriteria 3B yakni Brain (kecerdasan), Beauty (berpenampilan menarik), dan Behavior (berperilaku baik).

Para finalis juga akan memperagakan busana-busana hasil karya desainer anak negeri dalam acara Fashion Show Indonesia Berbasis Budaya bekerja sama dengan KADIN Industri Tradisional Berbasis Budaya dilanjutkan Peragaan Kostum Nasional (National Costume) dan Malam Seni dan Budaya tanggal 29 Februari 2020 di Mall Gandaria City, dimana para finalis akan menunjukkan keterampilan dan bakatnya yang mewakili seni dan budaya daerahnya masing-masing. Dari unjuk bakat ini akan terpilih 3 nominasi Puteri Berbusana Tradisional Terbaik dan 3 nominasi Puteri Berbakat Terbaik.

Malam puncak grand final Pemilihan Puteri Indonesia 2020 akan diselenggarakan Jumat 06 Maret 2020 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center yang disiarkan secara langsung di SCTV dihadiri oleh Miss Universe 2019, Zozibini Tunzi dari Afrika Selatan, Miss International 2019, Sireethorn Leearamwat dari Thailand dan Miss Supranational 2019 Anntonia Porsild dari Thailand.

NAYLA A

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :