7 Tips Agar Ruang Lebih Tertata ala IKEA

ikea

GETPOST.ID, TANGSEL- Pada dasarnya, setiap orang mendambakan rumah yang nyaman, tertata rapi serta terasa leluasa, namun tidak mengetahui bagaimana cara mengaturnya. Dan tidak banyak orang memiliki ruang yang cukup untuk menyimpan semua barang mereka dan menjadikannya sebagai gaya mereka sendiri.

Sekarang ini, sebagian besar tempat tinggal khususnya di kota besar memiliki ukuran yang terbatas. Minimnya pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya pengaturan perabot rumah tangga mengakibatkan orang cenderung menumpuk barang selama bertahun–tahun tanpa menyadari keberadaan barang tersebut, seperti koleksi musik, buku, suvenir, barang koleksi sangat umum tersimpan di ruang tamu.

Ririn Basuki, Public Relations IKEA Indonesia mengatakan dalam siaran pers, Kamis 30 Januari 2020, “Untuk mendapatkan ruang tertata rapi dan terasa lebih leluasa, kita dapat menyiasatinya dengan menggunakan solusi cerdas yang praktis dan fungsional, seperti memanfaatkan perabot rumah tangga multifungsi yang dapat membuat hidup jauh lebih mudah. IKEA menawarkan penyimpanan cerdas yang terjangkau dan fleksibel, cocok untuk semua area di rumah.”

Perabot rumah tangga IKEA memiliki beragam fungsi dan dapat membantu menghemat ruang karena dapat mengakomodasi beberapa kegiatan sekaligus. Sebagian besar perabot rumah tangga multifungsi IKEA memiliki desain sederhana dan minimalis agar cocok untuk diletakkan di ruangan kecil manapun di rumah.

Berikut tips mudah dari IKEA untuk menata ruang agar lebih tertata dan terasa leluasa

  1. Pilih dan pilah barang-barang yang dimiliki dengan dikategorikan sesuai tingkat kepentingan, seberapa sering dipakai, dan berdasarkan ukuran.
  2. Kelompokkan barang-barang yang ingin disimpan dan tidak dipakai lagi.
  3. Untuk barang-barang yang masih ingin disimpan, dibagi lagi menjadi barang yang sering dipakai dan yang jarang dipakai. Pisahkan barang-barang dalam ukuran besar dari pernak pernik yang kecil.
  4. Simpanlah barang kebutuhan sehari-hari di tempat yang mudah dilihat
  5. Barang-barang yang sering digunakan untuk kebutuhan sehari-hari sebaiknya disimpan di tempat yang mudah dijangkau dan dilihat, atau tempat penyimpanan barang yang transparan.
  6. Tempat penyimpanan tertutup
    Adapun untuk barang-barang yang jarang digunakan dan tidak ingin terlihat, dapat disimpan di dalam kotak penyimpanan dengan penutup yang mudah dijangkau bila suatu saat diperlukan. Pastikan barang-barang yang disimpan di dalam penyimpanan tertutup sudah dipilah sesuai kategori dan fungsinya
  7. Manfaatkan area dinding
    Dinding merupakan ruang yang seringkali tidak terpikirkan untuk digunakan sebagai solusi area penyimpanan. Pasang rak-rak pada dinding sebagai salah satu solusi untuk mengubah dinding kosong menjadi area penyimpanan yang efektif. Rak dinding juga sekaligus dapat menjadi dekorasi rumah yang cukup bergaya tanpa harus menghabiskan ruang untuk beraktivitas.

    Kegiatan memilah barang dan mengatur rumah ini dapat dilakukan bersama seluruh anggota keluarga dan dapat menjadi kegiatan akhir pekan yang seru. Mulailah dari hal kecil, dan lakukan sedikit demi sedikit, secara bertahap dimulai dari satu ruangan ke ruangan berikutnya. Jadikan kebiasaan untuk mengembalikan barang-barang pada tempatnya sehingga rumah akan tampak lebih tertata dan terasa lebih leluasa.

ALIA F

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *