5 Makanan Enak untuk Menjaga Kadar Gula Darah Bagi Penderita Diabetes

makanan untuk diabetes

GETPOST.ID, JAKARTA- Semua orang menyukai makanan manis, atau makanan dengan karbohidrat yang tinggi. Sebenarnya tidak masalah jika Anda tidak menderita diabetes atau prediabetes, Anda hanya harus mengatur pola diet agar tingkat gula darah tidak tinggi dan masuk ke level bahaya. Jika Anda telah didiagnosis prediabetes, kabar baiknya adalah bahwa diet dapat membantu untuk mengembalikan kondisi ke normal secara signifikan.

Di sisi lain, jika Anda diabetes, pengobatan secara rutin diperlukan untuk mengontrol kadar gula darah tubuh Anda.

Tidak ada makanan, ramuan, atau suplemen yang dapat menurunkan gula darah, tetapi ada makanan tertentu yang untuk diet Anda, karena tidak meningkatkan gula darah ketika dikonsumsi.

  1. Alpukat
    Sudah banyak yang menulis bahwa alpukat mewakili “lemak baik” tapi sedikit penjelasan tentang apa yang sebenarnya yang menjadi bagian pentingnya. Lemak dalam alpukat adalah asam lemak tak jenuh ganda (PUFAs) dan asam lemak tak jenuh tunggal (MUFAs), yang sebenarnya dapat meningkatkan sensitivitas insulin serta meningkatkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan meningkatkan perasaan kenyang setelah makan .

    Alpukat adalah makanan glikemik rendah yang peneliti percaya dapat menurunkan risiko Anda mengembangkan sindrom metabolik, sekelompok faktor risiko yang dapat menyebabkan diabetes.
  2. Bawang Putih
    Bawang putih sangat baik untuk kesehatan tubuh. Bawang putih bisa melezatkan makanan dan tidak memiliki kandungan karbohidrat, sehingga tidak ada fitur pada indeks glikemik sama sekali. Anda dapat menggunakan bawang putih sebanyak yang diingin, tanpa khawatir akan meningkatkan gula darah.

    Bahkan, bawang putih telah ditemukan untuk menurunkan glukosa darah. Penelitian telah menunjukkan bahwa bawang memiliki efek yang sama pada gula darah, mungkin karena bawang putih dan bawang merah mengandung senyawa yang disebut allicin yang memberi mereka rasa khas mereka dan bau.
  3. Daun Warna Hijau
    Makanan seperti selada, bayam, collards, kale, lobak Swiss, dan lobak hijau tinggi serat dan nutrisi sangat penting. Khususnya mengandung, magnesium dan vitamin A, serta dapat membantu menurunkan gula darah.

    Jika Anda dapat mengelola 1,35 porsi per hari, Anda akan mendapatkan 14% pengurangan risiko mengembangkan diabetes tipe 2.
  4. Chia Seeds
    Chia Seeds banyak mengandung gizi, termasuk banyak serat dan lemak sehat, ditambah antioksidan, Omega-3 asam lemak, dan kalsium.

    Penelitian telah menunjukkan bahwa makan chia seeds secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida Anda, pasalnya keduanya itu bisa berbahaya jika terlalu tinggi.
  5. Blueberry dan Blackberry
    Blueberry dan BlackBerry memiliki peringkat sedikit lebih tinggi pada indeks glikemik daripada ceri asam, tetapi masih baik dalam kisaran makanan glikemik rendah dengan nilai GI sekitar 40.

    Buah ini juga tinggi serat dan mengandung anthocyanin penting untuk mencegah lonjakan gula darah. Satu studi tertentu menemukan bahwa menambahkan blueberry untuk smoothie dapat meningkatkan sensitivitas insulin pada orang yang memiliki resistensi insulin.

    H&H Research | NAYLA. A

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :