Terilhami dari eBay, Youb.id, Platform Lelang Sambil Donasi

youb.id

GETPOST.ID, Jakarta- Platform yang dibuat untuk kenyamanan pengguna internet makin berkembang di segala sektor. Kini ada platform baru di tengah makin berkembangnya ekonomi digital Indonesia. Adalah Youb.id, platform lelang digital yang juga menawarkan konsep keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi. Di platform ini pengguna juga bisa berdonasi.

Dibangun sejak Januari 2019 oleh PT Tria Ventura, aplikasi Youb.id sudah bisa diakses dengan mengunduh di Google Play untuk smartphone berbasis android dan iStore bagi pengguna Apple.

Layanan yang dikembangkan PT Tria Ventura tersebut diklaim memiliki sistem yang membuat lelang maupun donasi berlangsung aman tanpa celah kecurangan, penipuan, serta pengguna fiktif atau penawaran fiktif.
Youb.id diperkenalkan di Jakarta, 27 Oktober 2019 diselingi dengan bincang-bincang oleh Alfia Fadilla dan Triwi Dyatmoko dengan topik “Pilih Mana Preloved Ori atau Baru tapi KW” dan live bid beberapa koleksi barang di Youb.id. Diperkenalkan pula Youb.id Fundraising, yakni aktivitas lelang online untuk donasi sosial.

Viar Hendiar, Chief Executive Officer (CEO) Youb.id, menjelaskan terilham dari eBay, Youb.id lahir sebagai platform digital ekonomi dengan aktivitas lelang online bersifat customer to customer (C2C) yang menawarkan keamanan dan kenyamanan lebih baik dibandingkan lelang online melalui media sosial seperti Facebook atau Instagram.

Di dalam situsnya, konsumen akan mendapatkan pengalaman lelang beragam kategori barang, seperti ‘Pakaian dan Aksesoris Wanita dan Pria’, ‘Elektronik’, ‘Handphone dan Tablet’, ‘Collector’s Item, ‘Otomotif’, dan sebagainya.

Secara prinsip, hampir semua jenis/kategori barang dapat dilelang di Youb.id, asal tidak termasuk dalam barang dan item yang dilarang dilelang. Seperti barang yang mengandung unsur pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (hak cipta, merek dagang, hak desain, dan hak paten).
Kemudian data pribadi dalam bentuk apa pun, benda peninggalan bersejarah, budaya, atau temuan arkeologi. Obat-obatan serta produk medis dan farmasi lainnya; kartu identitas dan dokumen resmi; perangkat lunak atau keras untuk decoding/dekripsi maupun nomor seri pembuka program/akses tidak sah, dan sebagainya.

Member Youb.id dapat melakukan kegiatan lelang secara aktif, baik sebagai pelelang (seller) maupun sebagai penawar (bidder) dan pembeli (buyer).

Untuk keamanan dalam transaksi, CTO Youb.id Aris Maryadi menuturkan pihaknya menggandeng payment gateway Midtrans yang sudah teruji keandalannya. Tersedia pula saluran pembayaran lain, seperti transfer bank ke virtual account dan pembayaran via ATM.

“Seluruh proses pembayaran melalui Youb.id, jadi lebih transparan dan terhindar dari kemungkinan kecurangan, apalagi penipuan. Kami sangat menjaga privasi dan keamanan pengguna,” ujar Aris .

SURAFA | BERBAGAI SUMBER

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *