Hasil Tes DNA Ariel Noah Didominasi India dan Bangladesh

ariel noah

GETPOST.ID, Jakarta- Vokalis band Noah, Ariel mengunggah hasil tes DNA yang dilakukan majalah sejarah daring Historia. Dari hasil uji DNA itulah diketahui musisi Ariel Noah gen miliknya didominasi dari Asia Tenggara (India, Bangladesh, dan Nepal), hasil tersebut diunggah di akun Instagramnya @ArielNoah.

Begitu hasil pemeriksaan DNA dalam riset Penelusuran Leluhur Orang Indonesia Asli . Dalam riset tersebut, penyanyi bernama lengkap Nazril Irham itu menjadi sukarelawan peserta tes DNA bersama tokoh publik lain, seperti Najwa Shihab, Mira Lesmana, Riri Riza, dan Budiman Sudjatmiko.

Menurut hasil riset yang dipublikasikan dalam pameran “ASOI: Asal Usul Orang Indonesia” di Museum Nasional, Jakarta, Selasa, 15 Oktober 2019, Ariel memiliki 79,78 persen gen Asia Selatan (India, Bangladesh, Tamil, Nepal), 15,14 persen gen Asia Timur (Jepang), 5,03 persen gen diaspora Asia, dan 0,05 persen gen Yunani. Ahli genetika dari Lembaga Eijkman, Profesor Herawati Sudoyo, mengatakan bahwa orang Indonesia memiliki bauran gen dari bangsa-bangsa yang datang ke Nusantara dalam empat gelombang migrasi manusia modern.

“Thank you @historiadotid buat hasil tes DNA nya, jadi langsung pengen buka buku sejarah, sangat menarik. Buat teman2, nanti gw bikinin di youtube channel penjelasan lebih dalam tentang hasil tes DNA saya. Sukses untuk Pameran “asal usul orang Indonesia” nya, yang mau liat silahkan datang ke Museum Nasional Jakarta, dibuka mulai hari ini,” tulis Ariel di akun Instagramnya.

D alam riset yang dilakukan oleh Historia, pemeriksaan DNA para sukarelawan dilakukan pada sampel liur dari langit-langit mulut, belakang lidah, dan pinggir gusi. Sampel tersebut kemudian dikirim ke laboratorium EasyDNA di Australia untuk diperiksa dan hasilnya didapat setelah tiga minggu pengujian.

Penelitian itu dilakukan pada DNA mitokondria yang diturunkan melalui jalur maternal atau ibu, kromosom Y yang hanya diturunkan dari sisi paternal atau ayah, serta DNA autosom yang diturunkan dari kedua orang tua.

RAYHANI | BERBAGAI SUMBER

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *