Inden Meluber, Pemesanan New Suzuki Jimny Dihentikan

new suzuki jimny

GETPOST.ID, Jakarta- New Suzuki Jimny, produk yang sempat merajai pasar otomotif tanah air langsung diserbu banyak kalangan sejak dikenalkan saat pameran GIIAS pada Julia lalu . Selain membawa nilai nostalgia akan model ini, konsumen juga sangat ingin memiliki Suzuki Jimny yang hadir dengan tampilan dan warna-warna baru yang makin berani.

Jimny generasi keempat yang hanya hadir dalam paket complete build-up (CBU) ini memiliki daftar panjang pengantre yang siap inden. Mobil ikonik ini sudah dipesan lebih dari 2.000 unit sejak diluncurkan. Akibat Lubernya jumlah pemesan mobil SUV 4×4 ini, sedangkan kuota unit dari Jepang sangat terbatas, membuat Suzuki Indonesia menghentikan sementara inden New Suzuki Jimny hingga Mei 2020.

Donny Saputra, 4W Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengungkapkan dari sekitar 2.000 unit inden, per Agustus volume pengiriman unit ke konsumen baru 200 unit dengan pengiriman unit per bulan hanya 50 unit. Sehingga waktu tunggu Jimny pun semakin panjang, bahkan di beberapa wilayah waktu tunggunya bisa mencapai 4 tahun, terutama di kota-kota besar seperti Jabodetabek dan Surabaya.

Normalnya, makin besar kotanya, makin besar jumlah indennya sehingga masa indennya pun semakin lama, karena setiap bulan Suzuki hanya bisa memasok 50 unit mobil yang diimpor utuh dari Jepang ini. Jika per bulan Suzuki Indonesia hanya bisa mengirim unit kepada pemesan hanya 50 unit per bulan, maka dibutuhkan waktu 40 bulan atau 3 tahun 4 bulan untuk memenuhi inden 2.000 unit tersebut.

Menurut Donny, jumlah pemesan Jimny di Indonesia hampir sama besarnya dengan peminat Jimny di negara-negara besar dunia, seperti Jepang dan negara-negara di Eropa. Bahkan di Jepang, indennya hingga 26 bulan.Per September tahun ini, harga jual Suzuki Jimny mengalami kenaikan Rp 20 juta. Kenaikan itu dari beberapa faktor, antara lain kenaikan beabalik nama (BBN) dan nilai jual kendaraan bermotor (NJKB).
Kata Donny, kenaikan Rp 20 juta itu untuk wilayah DKI Jakarta saja sejak peluncuran New Suzuki Jimny pada Agustus lalu.

Saat itu harga on the road (OTR) Jakarta dimulai Rp 315,5 juta untuk varian single tone transmisi manual (MT). Rp 317,5 juta untuk varian two tone (MT), Rp 328 juta untuk varian single tone transmisi otomatis (AT), dan Rp 330 juta untuk varian two tone AT (varian termahal).

SURAFA | Merdeka.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :