Ada Film FFI 2019 di Jalur MRT

GETPOST.ID, Jakarta- Festival Film Indonesia 2019 kembali digelar. Penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) yang telah memasuki tahun ke-39 berupaya terus melakukan peningkatan dan perbaikan. Sejumlah acara menjelang malam puncak, akan dilakukan oleh Komite Festival Film Indonesia 2019 untuk mesosialisasikan ajang bergengsi tersebut.

Rencananya, Komite FFI 2019 akan mengadakan sejumlah pameran dan pemutaran film jelang pelaksanaan Malam Penganugerahan Piala Citra 2019 yang akan dilangsungkan pada Desember mendatang.

Namun bukan pemutaran film di bioskop, Komite yang dikepalai oleh aktor Lukman Sardi ini menyatakan bakal memutar film nominasi FFI di sejumlah titik di sekitar jalur MRT.

“Kami akan ada program atau screening film di titik-titik yang dilalui jalur MRT. Termasuk juga di stasiun yang cukup besar, nanti mungkin di Dukuh Atas ada program bikin suatu acara di situ.” kata Lukman Sardi saat ditemui di Jakarta, Senin 23 September 2019 malam.

Penayangan film itu akan dilaksanakan pada Desember mendatang, setelah sebelumnya akan ada pengumuman nominasi dan pameran Piala Citra 2019 pada November.

Pihak pelaksana FFI juga berjanji akan menayangkan film-film yang lolos seleksi di sejumlah kota yang memiliki bioskop dan sekolah kesenian.
Selain itu, acara puncak perfilman Indonesia tahun ini juga akan bekerjasama dengan Pekan Kebudayaan Nasional dari Kemendikbud untuk memutar film nomine FFI.

“Kita ingin tahun ini bukan hanya malam anugerah, tapi pengembangan film ke depan. Ada rencana mempertemukan film maker dengan pemerintah daerah untuk kerja sama,” kata Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid.

Sebagai perayaan penganugerahan perfilman tertinggi di Indonesia, Komite FFI menjanjikan seleksi film yang lebih ketat dari tim yang lebih beragam dari berbagai profesi, mulai dari pekerja film, akademisi, juga jurnalis.

Mereka akan memilih 30-50 film dari seluruh film Indonesia yang tayang di bioskop periode 1 Oktober 2018-30 September 2019 dan yang didaftarkan ke FFI.

Mereka yang urun rembuk membuat daftar yang terbagi dalam empat kategori, yaitu film cerita panjang, film cerita pendek, dokumenter, dan animasi.

M Sulthan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *




Enter Captcha Here :