Kenali Jenis Homestay di Dieng Wonosobo, Jawa Tengah

GETPOSTDID, Wonosobo – Dataran tinggi Dieng, Wonosobo Jawa Tengah kini telah menjadi salah satu tujuan wisata paling dicari. Selain hawa dingin yang menyejukkan, pemandangan indah bak lukisan mudah ditemui jika pergi ke Dieng Plateau.

Dieng Plateu juga dikenal sebagai Negri di Atas Awan lantaran pada waktu tertentu awan berada di bawah. Sayangnya, di Dieng belum ada hotel menjulang tinggi yang biasa ditemui di kota wisata. Banyak rumah penduduk yang menjadikan rumahnya sebagai homestay terlebih ketika ada event tahunan yaitu Dieng Culture Festival (DCF).

Homestay merupakan satu-satunya tempat menginap yang ada di Dieng Plateau, penginapan murah ini disediakan oleh penduduk setempat untuk mengakomodasi wisatawan yang ingin bermalam di Dieng Plateau. Dengan menginap di Homestay Dieng Plateau, Anda dapat berinteraski langsung dengan penduduk lokal.

Homestay ini bisa disewa perkamar atau satu rumah. Ini hasil liputan Getpostid berkunjung ke Dieng untuk menikmati DCF 2019 lalu.

  1. Homestay per kamar
    Jika bepergian seorang diri atau hanya berdua dengan teman, di Dieng banyak ditemui rumah tingkat nan besar. Pemiliknya akan menyewakan per kamar, ada kamar mandi di dalam. Jika sedang event DCF per kamar itu Rp 300 ribu, jika sedang libur biasa hanya Rp 250 ribu atau bisa lebih murah. Bisa jadi fasilitas dengan kamar mandi di luar.
  2. Sewa satu rumah
    Jika bepergian rombongan, misal 10-15 orang pemilik bisa menyewakan satu rumah, harga sekitar Rp 600 ribu dengan fasilitas kamar 2, kamar mandi dengan air panas, dapur dan dua ruang besar bisa dijadikan ruang untuk tidur. Jika sedang ada event DCF harga menjadi Rp 1 juta satu rumah. Inipun lokasinya di dalam, masuk dalam gank.

Berkemah
Mau murah, irit dan backpacking? Bisa dengan berkemah. Hanya sewa lahan Rp 150 ribu/ hari tapi membawa alat perkemahan sendiri. Memang jauh lebih murah, seru-seruan dengan teman dengan berkemah, dan malam harinya main gitar di depan api unggun..hhhmm mantapp.

Harga sewa homestay ini tentunya tidak sama di setiap rumah, tapi harganya tidak terlalu jauh. Jadi bisa diperhitungkan berapa budget yang perlu dibawa jika bepergian ke Dieng Plateau Wonosobo. Selamat Berlibur

NAYLA AZZAHRA

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *